Tetap di Rumah, Wujud Bela Negara

Indonesia saat ini sedang berupaya menangani pandemi Covid-19. Satu diantara yang menjadi himbauan utama pemerintah adalah meminta masyarakat untuk tetap berada di rumah.

Himbauan pemerintah ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Himbauan juga disampaikan Deputi VI Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kementerian Koordinator Politik, Hukum, Keamanan (Kemenko Polhukam) Ir. Arief P. Moekiyat, M.T. “Tetap di Rumah Merupakan Salah Satu Wujud Bentuk Bela Negara Terhadap Waspada Penyebaran Wabah Virus Corona, COVID-19,” jelasnya kepada ABNRI.com, Rabu (25/03/2020).

Hal senada sebelumnya juga ditegaskan Rudiwan Bahar, Ketum ABNRI, seusai rapat Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 yang dipimpin oleh Brigjen TNI Rufbin Marpaung di kantor Kemenko Polhukam, Senin (23/3/2020). Menurutnya, himbauan untuk tidak keluar rumah menjadi sikap yang arif dan bijaksana. “Tindakan memutus mata rantai penyebaran virus corona dengan tidak keluar rumah juga bagian sikap bela negara,” tegas Rudiwan.

Diketahui antara Kemenko Polhukam dan ABNRI telah memiliki satu visi dalam penanganan penyebaran virus corona ini. “Kami bersama-sama akan melakukan aksi bela negara melawan Covid-19,” jelas Rudiwan. (R07)