Sambutan Ketua Umum DPP ABNRI: Masyarakat Adat-Peran dan Masa Depannya

assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat pagi…
Salam sejahtera…
Salam bela negara…

Hari ini alhamdulillah bisa hadir para undangan kami di acara Forum Group Discussion bertema Masyarakat Adat – Peran dan Masa Depannya.

Sebelumnya kami sampaikan terima kasih atas kehadiran bapak dan ibu undangan. Kementerian Pertahanan diwakili oleh Bapak Letkol Firdaus, Bapak Dr. Rahman Hadi dari Dewan Perwakilan Daerah RI dan Bapak Agus Hans Satiabudi sebagai Budayawan kita. Bapak Hendrajit, Direktur Eksekutif Global Futrure Institute, Ketua DPP ABN RI bidang Kajian Strategis. Kawan-kawan pengurus DPP ABNRI dan para peserta FGD. Para tokoh masyarakat adat dan pemangku masyakarat adat dan para pengiat masyarakat adat.

Bangsa ini adalah bangsa yang istimewa. Bangsa dimana bangsanya yang mendeklarasikan proklamasi dari Republik yang didirikankan. Ini adalah suatu karunia, satu rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Hal ini juga menyebabkan begitu saja, ada hal-hal yang membuat ketidaknyamanan, terutama bagi pihak-pihak yang tidak menginginkan bangsa ini merdeka.

Kalau saya mengutip dari buku Pak Ryamizard Ryacudu, peradaban suatu bangsa tidak terlepas dari identifikasi asal usul, Agama, bahasa, sejarah, sistem, nilai, norma dan seluruh institusi budaya. Etnis, suku bangsa, komunitas keagamaan dan semua yang merupakan bagian dari pembentukkan suatu negara.

Pada saat ini patut diwaspadai bahwa segala bentuk ancaman baik dari sisi global maupun sisi lokal. Tentu banyak dipicu oleh pergesekkan-pergesekkan dan perbedaaan entitas budaya, yang diperlihatkan oleh kuatnya individualistis dan primordialistis. Karena itu, kita harus waspadai bahwa makin jelas itu akan menjadi suatu kekuatan pemecahbelah bilamana tidak ada kesepakatan antar masyakarakat dan antar budaya yang ada di negara kesatuan Republik Indonesia.

Kami ucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah bersusah payah agar acara FGD ini dapat terselenggara dengan baik.

Saya berharap kita semua dapat mulai melakukan dan melaksanakan diskusi ini dengan baik. Satu diantara yang selalu saya ingat seperti yang disampaikan Henry Kissinger, control oil and you control nation; control food and you control the people.

Food disini bukan sekedar makanan tetapi hajat hidup masyarakat banyak. Control oil and you control nation, bukan hanya oil tetapi seluruh sumberdaya mineral yang ada di bawah permukaaan tanah air Indonesia kita ini bangsa dan masyarakat Indonesia.

Terima kasih dan mohon maaf atas segala kekurangan.

WabillahiTaufik Walhidayah
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Rudiwan Bahar
Ketua Umum DPP ABNRI

* Focus Group Discussion (FGD) bertajuk: “Masyarakat Adat Peran dan Masa Depannya“, Rabu, 27 Februari 2019 bertempat di Wisma Daria, Lt. 2 Jl. Iskandarsyah Raya No. 7, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan