Tema HUT TNI “Profesionalisme TNI untuk Rakyat” Bermakna TNI sebagai Tentara Rakyat

Tema peringatan HUT TNI Ke-73 Tahun 2018, “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat” mengandung makna yang tegas bahwa TNI dituntut terus profesional dalam setiap pelaksanaan tugas demi pengabdiannya kepada bangsa dan negara. TNI senantiasa harus berpegang teguh pada jati diri TNI yaitu sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional.

Demikian amanat Menhan RI yang dibacakan Staf Ahli Menhan Bidang Politik Mayjen TNI Pandji Suko Hari Yudho pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-73 di Kemhan Jakarta, Jumat (5/10/2018).

Mengingat tantangan tugas ke depan semakin kompleks, Menhan yakin dan percaya TNI dapat melaksanakan tugas pengabdian dengan baik dan profesional. Hal ini dikarenakan adanya tekad dan komitmen diri dari masing-masing prajurit untuk memberikan pengabdian terbaiknya bagi bangsa dan negara. Persatuan dan kesatuan yang kokoh dan kuat antara TNI dengan rakyat menjadi modal kekuatan bangsa

TNI hingga saat ini terus memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara baik melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Khusus dalam tugas OMSP, berbagai tugas telah dilaksanakan dengan baik oleh prajurit-prajurit TNI. Salah satu tugas tersebut adalah membantu menanggulangi akibat bencana alam. Prajurit TNI selalu berada terdepan dalam upaya membantu penanganan bencana.

Upacara peringatan HUT TNI ke-73 dilaksanakan di tengah suasana duka dan prihatin atas bencana gempa dan tsunami yang menimpa saudara kita di Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah. Kepada para prajurit TNI beserta elemen masyarakat lainnya yang melakukan evakuasi dan tugas kemanusiaan, Menhan berharap dan berdoa semoga diberi kelancaran dan kemudahan serta dapat kembali pulih seperti sediakala.

Pada peringatan HUT TNI kali ini, Kemhan melepas 13 (tiga belas) orang yang memasuki masa purna tugas terdiri dari 6 (enam) orang TNI dan 7 (tujuh) orang PNS. Menhan dan segenap warga Kemhan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dharma bakti dan dedikasi yang diberikan bagi perkembangan dan kemajuan Kementerian Pertahanan.

Mengakhiri sambutannya, Menhan berharap kepada seluruh prajurit TNI di lingkungan Kemhan untuk memegang teguh amanat Sapta Marga dan Sumpah Prajurit dalam setiap aktivitas. (ERA/SPD)

Sumber: www.kemhan.go.id